Jumat, 20 September 2013

Curriculum Vitae

My Curriculum Vitae




Pada tahun 1996, hari Sabtu tanggal 13 April di kota Kendal, tepatnya pukul 04.00 pagi. Lahirlah seorang bayi perempuan dengan berat 2,8 kg dan panjang sekitar 50 cm. Itulah Shinta Apriliawati. Saya adalah putri pertama dari pasangan Bapak Susanto dan Ibu Murwati. Orang tuaku menikah pada tahun 1994. Saya berdarah jawa asli . Namun, Ayahku berasal dari Tanjung Pinang. Sedangkan ibuku asli dari Kendal. Dulu ayahku bekerja sebagai buruh pabrik di salah satu pabrik terkenal di kotaku, akan tetapi semenjak  tahun 2003, terjadi PHK besar- besaran di pabrik tersebut, dan ayahku juga ter PHK . untungnya ibuku membuka usaha warung di pasar semenjak aku masih didalam kandungan sampai sekarang ini, walaupun hasilnya tidak seberapa, bapak dan inuku harus bisa mengatur arus uang. Aku menganut agama Islam. Dan tinggal di sebuah rumah yang sederhana di kelurahan Jotang, Rt 01 rw 02 Gang Lestari, Kota Kendal.
Saat usia 4 tahun lebih 3 bulan, saya menempuh pendidikan di TK Tunas Mekar V, di Kalibuntu. Saya menempuh pendidikan di sana selama 1 tahun. Setelah itu pada tahun 2001 melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah formal di SDN 2 Jotang, yang jaraknya tak jauh dari rumahku, masih satu desa. Dari kecil, saya suka sekali menulis, bersih-bersih rumah, memasak, bahkan waktu aku kecil aku suka membuat makanan dari bahan – bahan yang tidak biasa. Sampai lulus SD, saya pun masih hobi seperti itu. Dan pada tahun 2007, saya lulus SD dengan mendapat peringkat terbaik di sekolah, dan diterima lewat jalur PMDK di SMPN 1 Kendal, SMP itu adalah salah satu SMP Negeri terbaik di Kotaku. Waktu baru masuk SMP yaitu saat kelas 7 saya mengikuti banyak ekschool. Diantaranya Voli, Pramuka, English Conversation, dan Karya Ilmiah Remaja, dan ekstra kurikuler yang masih bertahan sampai aku lulus SMA adalah Karya Ilmiah. Mengapa ? ada beberapa banyak alasan, diantaranya hal itu mungkin sedikit berhubungan dengan hobiku. Selain itu, berkat mengikuti karya ilmiah, lalu membuat penelitian dan hasilnya lumayan berhasil, saya mendapat uang yang cukup banyak dan cukup untuk membeli sebuah hp tanpa membebani kedua orang tua saya, hal tersebut membuat saya ketagihan.  Saya lulus dari SMP tahun 2007 dengan nilai yang cukup memuaskan. Saya salah satu siswa yang meraih nilai matematika tertinggi, Sekalipun pada saat pengumuman kelulusan yang juga acara perpisahan waktu itu, ayah dan ibuku tidak datang melihatku naik ke panggung menerima penghargaan karena memang orang tua murid tidak di undang dalam acara tersebut.
Setelah itu saya melanjutkan ke SMAN 2 KENDAL. Di SMA, aku mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka Penegak dan KIR.  Namun pada saat ada acara makrab dan kenaikan tingkat menjadi penegak bantara, saya tidak jadi ikut karena setiap Bantara harus memiliki sepatu fantovel, saat itu saya tidak memilikinya . Jadi aku hanya mengikuti KIR saja. Di dalam KIR tersebut ada pengurus organisasinya, saya wakil putri dan bagian uji coba, saya diajarkan tentang banyak hal soal rasa tanggung jawab, saling menghargai dan menghormati, menerima pendapat, bersabar, pantang menyerah dan masih banyak lagi. Saya merangkap tugas ganda, karena di kotaku, peminat terhadap karya ilmiah masih sedikit. Saya juga memperkenalkan asyiknya meneliti di sebuah sekolah menengah dan di sekolahku sendiri. Kegiatan rutin KIR ini 2 minggu sekali, dan sebulan sekali yakni karena sekolahku menjalin kerja sama dengan SMP ku dulu.
Tahun ini tahun 2013, aku lulus dari SMA dan melanjutkan ke Universitas Negeri Semarang. Saya masuk lewat jalur SBMPTN dan berhasil menjadi salah satu mahasiswi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Aku memilih jurusan pendidikan ekonomi Koperasi di Fakultas Ekonomi karena Fakultas Ekonomi memiliki ruang lingkup kesempatan kerja yang sangat luas. Banyak bidang pekerjaan yang nantinya bisa dilakoni. Karena bidang ekonomi ini bisa dibilang fleksibel. Kuliah di fakultas ekonomi memungkinkanku berpikir untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. Ini sangat penting, mengingat setiap tahunnya, Indonesia masih terus memiliki masalah peningkatan jumlah pengangguran. Fakultas ekonomi juga dipelajari lebih luas lagi seiring dengan perkembangan zaman. Namun semuanya sama fokus pada masalah ekonomi. Dan masalah ekonomi ini sangat penting karena ilmu ini dibutuhkan untuk membangun negara ini agar semakin berkembang dan maju. Lalu mengapa pendidikan ekonomi koperasi ? karena koperasi dirasakan sangat diperlukan dalam kerangka membangun institusi yang dapat menjadi mitra Negara dalam menggerakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Namun pada kenyaataannya Indonesia sebagai Negara yang sedang berkembang koperasi mengalami kendala-kendala untuk berkembang, mengapa? Koperasi saat ini kurang diminati . mengapa kurang diminati ? karena ada asumsi yang berkembang bahwa kegagalan koperasi pada waktu itu lalu tanpa ada pertanggungjawaban dari pihak pengelola terhadap masyarakat menimbulkan rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap koperasi, oleh sebab itu diperlukan sosialisai bahwa koperasi saat ini tidak seperti itu,bahwa koperasi benar-benar berasaskan kekeluaragaan da gotong royong, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan koperasi benar-benar bertanggung jawab akan hal itu terhadap masyarakat. Sehingga tercipta rasa kepercayaan masyarakat terhadap koperasi.
Semoga saja pilihanku benar dan aku berharap, saya dapt berprestasi selama menjadi mahasiswi disini, bisa menjaga nama baik Unnes, mengemban tugas yang diberikan dengan baik dan tanggung jawab. Terlebih lagi dapat kuliah dengan mendapat beasiswa. semoga apapun yang ku cita-citakan semuanya tercapai. Dan kelak aku bisa menjadi orang yang berguna, berbakti, dan membanggakan kedua orang tuaku di masa depan.
Amin



Tidak ada komentar: